Alkohol Memperburuk Penyakit, Rokok Menyebabkan Kemunduran Mental

Alkohol Memperburuk Penyakit, Rokok Menyebabkan Kemunduran Mental, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/klikdokter.com
Minuman beralkohol tidak hanya membuat mabuk jika diminum berlebihan, namun juga diketahui dapat memperburuk risiko kesehatan peminumnya. Penderita penyakit hati, misalnya, akan lebih buruk kondisinya jika ia peminum berat. Dampak yang sama juga ditimbulkan oleh alkohol terhadap penderita penyakit gula (diabetes melitus).

Kesimpulan itu didapatkan dari sebuah studi yang dilakukan selama 12 tahun, terhadap 983 penderita diabetes. Para peneliti menemukan fakta bahwa peminum alkohol berat memiliki risiko lebih besar untuk terkena jantung koroner yang mendekatkan mereka ke kematian, dibanding orang yang hanya meminum alkohol sesekali.

Rokok Bisa Menyebabkan Kemunduran Mental

Pengaruh rokok terhadap kesehatan fisik mungkin sudah banyak didengung-dengungkan, di antaranya sebagai pencetus kanker, dan lainnya. Rokok yang diisap pada masa muda dipercaya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan di masa tua. Bagaimana dengan pengaruh rokok terhadap kesehatan mental?

Merujuk pada hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry, disebutkan bahwa rokok juga menimbulkan pengaruh negatif terhadap kejiwaan seseorang, terutama di usia lanjut.

Para peneliti mempelajari ketajaman mental 650 orang, berusia 65 tahun ke atas. Satu tahun kemudian, dari semua orang yang diteliti, sebanyak 417 orang dites ulang. Hasilnya, satu dari 16 orang ditemukan menderita kemunduran intelektual. Para peneliti menyatakan, perokok berat mengalami kemunduran mental empat kali lebih berat dibanding mereka yang tidak merokok.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 3590856353280117626

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item