Siapakah Marco Polo?

Ilustrasi/historyskills.com
Marco Polo adalah penjelajah Italia, salah satu penjelajah paling terkenal di dunia. Ia lahir pada tahun 1254 di Venesia, dan sempat tinggal di istana Kaisar Kubilai Khan di Cina selama 17 tahun, lalu menuliskan kisah perjalanan dan pejelajahannya dalam buku yang sangat laris serta terkenal.

Pada tahun 1271, Marco Polo berusia 17 tahun. Ia diajak ayah dan pamannya berdagang ke Cina. Mereka memerlukan waktu 4 tahun untuk mencapai daratan Cina, menempuh perjalanan dengan menunggang kuda dan berjalan kaki sepanjang Jalur Sutera—sebuah rute di sebelah utara pegunungan Himalaya. Jalur Sutera adalah jalan yang biasa dilalui para pedagang untuk membawa sutera dari Cina ke Eropa.

Di Cina, Kubilai Khan menyambut keluarga Marco Polo dengan baik. Karena kefasihannya dalam berbahasa, Marco Polo lalu diangkat menjadi salah satu diplomat Kubilai Khan, dan tinggal di istana.

Setelah tinggal di istana selama 17 tahun, Marco Polo meminta izin untuk kembali ke Venesia. Kubilai Khan mengizinkan, asal Marco Polo dan rombongannya bersedia mengantarkan seorang putri ke Persia untuk dinikahkan dengan cicitnya yang ada di sana.

Marco Polo pun meninggalkan Cina, dan memenuhi permintaan Kubilai Khan. Dalam perjalanannya, ia melewati Sumatera, Jawa, Malaysia, Srilanka, India, hingga kemudian sampai di Persia. Setelah itu Marco Polo dan rombongannya menuju Venesia, dan tiba di sana pada 1295 dengan membawa perhiasan, sutera, dan rempah-rempah.

Marco Polo kemudian menulis kisah perjalanan dan pengalamannya, dengan mendiktekannya pada seorang laki-laki bernama Rustichello. Ketika terbit, buku itu segera laris dan menjadikan nama Marco Polo sangat terkenal, karena kisahnya yang sangat fantastis.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 3615016401821428589

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item