Sejak Kapan Manusia Mengenal Bumbu Dapur?

Sejak Kapan Manusia Mengenal Bumbu Dapur?
Ilustrasi/istimewa
Bumbu dapur adalah bahan-bahan alami yang ditujukan sebagai penyedap rasa masakan atau makanan. Berdasarkan penelitian arkeologi, manusia sudah mengenal bumbu dapur, setidaknya sekitar 6.100 tahun lalu.

Tim peneliti dari Inggris menemukan hidangan zaman purba di sebuah kediaman zaman batu yang berlokasi di Denmark dan Jerman, dan di sana terdapat panci tanah liat yang terdapat jejak sisa ikan, juga jejak sisa bijian garlic mustard yang cukup banyak. Penemuan itu membuktikan bahwa bumbu benar-benar dimasak dan dicampurkan dengan makanan.

Sebelumnya, bumbu seperti jinten, ketumbar, dan kemangi, telah ditemukan di situs penggalian di Eropa Selatan, Timur Tengah, dan India. Namun, penemuan terbaru ini menjadi bukti paling awal bumbu dipakai dalam hidangan.

Untuk mengidentifikasi bijian mustard, peneliti mencari phytolith ‘mikrofosil’, pola silika yang menjadi dasar sel tanaman. Meski kecil, kandungan tersebut akan bertahan lama dan bisa terdeteksi lewat mikroskop optikal.

Famili tumbuhan itu memiliki beberapa pola khas, dan—setelah membandingkannya dengan data phytolith dari 120 spesies—para peneliti mengidentifikasi dari jejak gosong sisa biji mustard.

Jejak biji ditemukan di delapan panci, dan dikumpulkan dari tiga lokasi di Jerman dan Denmark. Berdasarkan penelitian, mereka menemukan bahwa menghancurkan bijian merupakan cara untuk mengeluarkan aroma dan rasa. Selain itu, tidak ada bijian utuh yang ditemukan masih dalam bentuk sempurna.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4276081420380725513

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item