Minum Kopi Empat Cangkir Sehari ternyata Bisa Berbahaya

Minum Kopi Empat Cangkir Sehari ternyata Bisa Berbahaya, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/rukita.co
Tidak sedikit orang kecanduan minum kopi, hingga mereka pun kadang sampai mengonsumsi bergelas-gelas kopi dalam sehari. Jika Anda biasa mengonsumsi kopi hingga empat gelas per hari, ada baiknya mulai menguranginya, karena hasil studi terbaru yang dipublikasikan di Mayo Clinic Proceedings menyebutkan kebiasaan itu bisa meningkatkan risiko mati muda.

Studi yang dilakukan peneliti dari University of South Carolina menunjukkan bahwa pria yang berusia kurang dari 55 tahun yang minum kopi lebih dari 28 cangkir seminggu memiliki risiko mati muda 56 persen lebih tinggi dengan beragam sebab, dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kopi sebanyak itu. Sementara pada wanita, risikonya dua kali lipat dibanding yang tidak mengonsumsi dengan jumlah tersebut.

Ketika diwawancarai USA Today menyangkut penelitian itu, Xuemei Sui, salah satu peneliti yang juga asisten professor pada Arnold School of Public Health at the University of South Carolina, Columbia, menyatakan, “Dari penelitian kami, tampaknya aman untuk mengonsumsi satu hingga tiga cangkir kopi sehari. Tapi minum lebih dari empat cangkir kopi sehari bisa membahayakan kesehatan.”

Studi dilakukan terhadap 43.727 pria dan wanita berusia antara 20-87 tahun selama 1971-2002. Xuemei Sui mendefinisikan satu cangkir kopi adalah 170-266 gram. Studi itu tidak menemukan risiko—sebagaimana yang disebutkan di atas—pada orang dengan usia lebih dari 55 tahun. Peneliti mengatakan mungkin ada bias, dan bisa jadi mereka tidak memasukkan lansia yang tidak sehat karena mungkin sudah meninggal.

Penyebab tingginya risiko konsumsi kopi pada orang di bawah 55 tahun juga tidak begitu jelas, karena—selama studi berlangsung—peneliti menemukan keuntungan maupun masalah yang berhubungan dengan kopi. Xuemei Sui hanya mengatakan kafein pada kopi bisa meningkatkan rata-rata denyut jantung, tekanan darah, dan kadar gula darah. Namun, meski begitu, kopi adalah sumber utama antioksidan.

Xuemei Sui juga menjelaskan studi ini tidak menemukan hubungan signifikan antara konsumsi kopi dan kematian akibat penyakit jantung. Karenanya, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk melihat adanya hubungan antara kopi dan kanker. Intinya, menurut Xuemei Sui, “Hindari minum kopi berlebihan.”

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 2910242222907322970

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item