Konsumsi Ikan ternyata Melindungi Bayi dari Alergi

Konsumsi Ikan ternyata Melindungi Bayi dari Alergi, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/trubus.id
Bayi-bayi yang mengonsumsi ikan secara teratur pada usia 1 tahun memiliki risiko lebih rendah untuk terkena alergi ketika mereka tumbuh besar, dibanding bayi yang tidak mengonsumsi ikan pada usia satu tahun pertama. Kenyataan itu diungkap oleh tim peneliti dari Karolinska Institute di Stockholm, Swedia, setelah mengamati 3.825 bayi ketika mereka berusia 1, 2, 4, 8, dan 12 tahun.

Dalam studi, para ilmuwan memantau diet bayi, dan menemukan bahwa bayi yang mengonsumsi ikan pada usia-usia awal cenderung bebas alergi ketika mereka beranjak besar hingga berusia 12 tahun. Mengonsumsi ikan juga mengurangi risiko enzema hingga 22 persen dan alergi musim semi sebanyak 26 persen.

Sekadar catatan, penelitian ini dilakukan di Swedia, dan kebanyakan bayi di sana memang diberi makan ikan ketika masih kecil. Sekitar 80 persen bayi Swedia bahkan mengonsumsi ikan. Para ilmuwan di sana pun menyarankan kepada para orang tua untuk memberikan ikan pada bayi sebanyak dua atau tiga kali dalam sebulan.

Penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition ini mengingatkan, alergi bisa menjadi penyakit yang berbahaya pada anak. Selain mengganggu karena gatal, alergi juga bisa menyebabkan asma. Dengan memberi konsumsi ikan pada bayi, risiko alergi bisa turun secara signifikan.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 5783337929958108755

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item