Makan Buah Dua Kali Sehari Menjaga Kesehatan Perut

Makan Buah Dua Kali Sehari Menjaga Kesehatan Perut
Ilustrasi/istimewa
Buah-buahan adalah makanan yang sangat bagus untuk tubuh, karena memenuhi kebutuhan serat dan vitamin, membantu menjaga kebugaran, bahkan menjauhkan dari penyakit. Studi terbaru menyangkut buah menunjukkan bahwa diet buah-buahan bisa membantu mengurangi risiko mengalami penyakit aneurisma aorta perut.

Aneurisma aorta perut adalah pelebaran daerah bawah aorta—pembuluh darah arteri yang berukuran besar, dan terletak di sekitar perut. Jika tidak dirawat dan diobati secara benar, aorta akan pecah dan mengakibatkan pendarahan yang berujung pada kematian.

Studi itu menganalisis lebih dari 80.000 orang, berusia antara 46 dan 84 tahun asal Swedia. Para partisipan kemudian dipantau dalam jangka waktu 13 tahun. Dalam periode tersebut, ditemukan 1.100 di antara mereka yang mengalami aneurisma aorta perut, dan 222 di antaranya mengalami pecah aorta.

Setelah menganalisis kebiasaan makan para partisipan, peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi dua sajian buah per hari memiliki risiko lebih kecil mengembangkan penyakit tersebut. Mereka yang makan buah juga 25 persen lebih kecil menurunkan tingkat risiko untuk mengalami aneurisma aorta perut, dan 43 persen lebih kecil untuk mengalami pecah aorta.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Circulation itu, para peneliti mengatakan, bahwa kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah bisa membantu melawan inflamasi. Itulah salah satu faktor penting untuk melindungi seseorang dari aneurisma aorta perut.

Dr. Otto Stackelberg, dari Institute of Environmental Medicine di Karolinska Institute, Stockholm, yang menjadi ketua studi tersebut, menyatakan, “Konsumsi buah secara rutin dapat membantu melawan banyak penyakit pembuluh darah, dan salah satu yang ditunjukkan studi ini adalah untuk penyakit aneurisma aorta perut.”

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 3596180356515701964

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item