Hal-hal Tidak Penting yang Dilakukan Orang di Tempat Fitnes

Hal-hal Tidak Penting yang Dilakukan Orang di Tempat Fitnes
Ilustrasi/istimewa
Berolahraga di tempat fitnes telah menjadi gaya hidup sebagian orang, dan banyak dari mereka yang menghabiskan waktu berjam-jam di sana. Sayangnya, waktu yang mereka gunakan di tempat fitnes sering kali tidak hanya untuk berolahraga atau mengolah tubuh, namun juga untuk melakukan hal-hal tidak penting yang bisa dibilang tidak berhubungan dengan olahraga.

Perusahaan olahraga Harpers Fitness melakukan penelitian menyangkut hal ini, untuk melihat apa sebenarnya yang dilakukan orang-orang di tempat fitnes. Hasilnya menunjukkan, secara rata-rata mereka menghabiskan waktu 1 jam berada di tempat fitnes. Dari waktu tersebut, 21 menit atau sekitar 30 persennya habis untuk urusan tidak penting seperti membetulkan kabel earphone yang kusut.

Hal-hal tidak penting lain yang menghambur-hamburkan waktu berolahraga adalah terus-menerus mengisi botol air minum. Berolahraga dan berkeringat memang wajar jika membuat mereka haus. Namun kadang olahraganya belum seberapa, tapi botol minumnya sudah diisi ulang berkali-kali.

Selain itu, ngobrol basa-basi dengan sesama pengunjung tempat fitness atau dengan para instruktur juga termasuk hal-hal tidak penting yang membuat orang bisa menghabiskan waktu berjam-jam di sana. Begitu pula memainkan ponsel, mengutak-atik iPod atau pemutar musik digital lainnya.

Jika dirinci, sebanyak 55 persen pengujung tempat fitnes menghamburkan waktunya untuk mengutak-atik playlist lagu di pemutar musik digitalnya. Sekitar 30 persen sibuk mengurai kabel earphone yang kusut, dan 32 persen keasyikan ngobrol dengan sesama pengunjung.

Penelitian itu juga menyimpulkan bahwa secara rata-rata hanya 30 persen dari total waktu kunjungan di tempat fitnes yang benar-benar dimanfaatkan untuk olahraga. Dari 1 jam misalnya, persisnya hanya terpakai 39 menit untuk berolahraga.

“Waktu yang kita habiskan di gym tidak seharusnya habis untuk mengurusi kabel earphone, memilih lagu dan memainkan ponsel,” ujar Kevin Yates, yang memimpin studi tersebut. “Penelitian ini diharapkan membuat orang menyadari waktu yang dihabiskannya di gym untuk olahraga dan untuk hal-hal selain olahraga.”

Untuk menghindari waktu yang terbuang percuma di tempat fitnes, Kevin Yates menyarankan agar kita sudah menyiapkan playlist di pemutar musik digital yang kita bawa, sejak berangkat dari rumah. Begitu pula dengan ponsel, sebaiknya dimatikan lalu ditinggal di loker.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 7143539318738681025

Posting Komentar

  1. hehe, bener juga yah
    kayaknya sih ga hanya di fitness
    di kerja juga gitu, lebih lama buka Facebook dan Blogger :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul John.

      Kalau aku introspeksi, kayaknya waktuku di depan komputer juga lebih banyak tersita untuk hal-hal yang gak penting (misalnya baca TL di Twitter atau lihat Youtube), dan itu bisa sampai berjam-jam, gak terasa. Jadinya waktu buat kerja berkurang banyak.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item