Bagaimana Sejarah Bangsa Yunani?

Bagaimana Sejarah Bangsa Yunani? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Pada abad ke-800 SM, diperkirakan sudah ada kehidupan yang sangat primitif di daerah laut Aegea. Menurut legenda, itulah zaman para dewa. Bangsa Yunani mulai memasuki masa Yunani Kuno pada tahun 776 SM-323 SM. Pada masa itu, Yunani menjadi bangsa yang besar. Banyak negara lain yang mereka kuasai.

Raja Yunani yang paling terkenal adalah Alexander Agung, yang berhasil mengalahkan Mesir. Pada masa itu, ilmu pengetahuan sangat berkembang di Yunani, dan kemudian menjadi pedoman bagi ilmu pengetahuan di seluruh dunia saat ini.   

Pada abad ke-16 SM-11 SM, bangsa Yunani memasuki zaman perunggu. Lalu bangsa Doria menyerbu Yunani, dan menjadikan Yunani memasuki masa gelap. Hal itu berlangsung pada abad ke-11 SM-9 SM.

Setelah kematian Alexander Agung, perpaduan kebudayaan Yunani dan budaya Mesir (yang waktu itu dikuasainya) menjadi dominan, yang disebut kebudayaan Helen. Hal itu berlansgung pada tahun 323 SM-146 SM. Lalu bangsa Romawi menaklukkan Yunani dan daerah kekuasaannya, pada tahun 146 SM-330 M.

Pada masa perkembangan Kristen, Raja Konstantin Agung memindahkan ibukota Romawi, Bizantium, dan Yunani memasuki zaman Bizantium pada tahun 330-1453, ketika pengaruh Kristen memasuki kebudayaan Yunani. Kemudian, bangsa Turki Ottoman menguasai wilayah Yunani pada tahun 1453-1832. Yunani memberontak pada Turki, dengan dibantu Rusia, Prancis, dan Inggris, sampai kemudian menjadi negara merdeka.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 8017631882315716617

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item