Bagaimana Sejarah Bangsa Mesir?

Bagaimana Sejarah Bangsa Mesir? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Mesir adalah salah satu bangsa tertua di dunia. Pada abad ke-30 SM sampai 6 SM, bangsa Mesir kuno mendiami wilayah sepanjang Sungai Nil. Kemudian muncul kerajaan-kerajaan kecil yang lalu bergabung menjadi dua kerajaan besar, yang dipersatukan pada Dinasti Fir’aun. Pada masa Dinasti Fir’aun itu pula, bangsa Mesir mulai membuat piramida untuk kuburan Fir’aun.

Salah satu Fir’aun yang terkenal adalah Ramses II, yang hidup pada zaman Nabi Musa. Fir’aun terakhir, Psammetichus III, dikalahkan Cambyses II dari Persia, dan sejak itu Persia menguasai Mesir pada tahun 552 SM-332 SM. Bangsa Mesir sempat memberontak dan merdeka dari Persia, namun kemudian Persia kembali menaklukkan Mesir.

Sampai kemudian, Alexander Agung dari Yunani mengusir Persia dari Mesir, dan sejak itu Yunani menguasai Mesir dari tahun 332 SM-30 SM. Ptolomeus dari Yunani menggantikan Alexander Agung. Sejak itu pula, seluruh keturunan laki-laki Ptolomeus diberi nama Ptolomeus, sedang keturunan wanita diberi nama Cleopatra. Cleopatra VII adalah penguasa Mesir terakhir dari Yunani.

Kemudian, pada tahun 30 SM-639 M, Mesir dijadikan salah satu provinsi kekaisaran Romawi. Pada waktu itu, Kristen mulai masuk ke sana. Pada tahun 639-1517, bangsa Arab menguasai Mesir. Lalu pada tahun 1517-1805 giliran Turki yang menguasai Mesir. Pada masa itu, Prancis sempat mengambil alih Mesir dari Turki, tapi Turki berhasil merebutnya kembali.

Pada tahun 1805, Muhammad Ali dari Albania merebut Mesir dari Turki, dan menjadi pemimpin di sana sampai tahun 1882. Lalu Inggris datang menjajah Mesir pada tahun 1882-1922. Akhirnya, setelah melalui perjuangan, Mesir berhasil merdeka sampai sekarang.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1488659554409250903

Posting Komentar

  1. Makasih gan udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item