Apa Manfaat Mandi bagi Kesehatan?

Apa Manfaat Mandi bagi Kesehatan?
Ilustrasi/istimewa
Dalam keseharian, kita perlu mandi untuk membersihkan dan menyegarkan kembali badan setelah seharian bekerja. Setelah lama beraktivitas, selalu ada kemungkinan tubuh kita kotor, terpapar aneka macam polusi, dan lain-lain. Mandi membersihkan tubuh kita dari hal-hal itu, sekaligus memberikan kesegaran.

Namun, mandi sebenarnya juga memberi manfaat lain, di antaranya meningkatkan sistem kekebalan, mencegah penyakit kulit, hingga menyembuhkan masalah medis yang serius. Dalam beberapa penelitian yang dikhususkan untuk mempelajari manfaat mandi, ditemukan beberapa hal berikut ini.

Bagi pria dan wanita, berendam selama 10 menit dalam air hangat bisa memperbaiki kesehatan jantung.

Bagi penderita diabetes, setengah jam berendam dalam bak air hangat bisa menurunkan tingkat gula darah hingga 13 persen.

Bagi penderita penyakit kulit seperti eksema (peradangan kronik kulit yang kering dan gatal), ruam, gatal-gatal, mandi air hangat juga bisa menjadi sarana penyembuhan. Caranya dengan menambahkan sekitar 1 sendok baking soda ke dalam bak mandi, lalu aduk hingga menyatu dengan air. Kemudian berendamlah antara 10-20 menit. Berdasarkan studi, baking soda bertindak sebagai antiseptik.

Untuk menyembuhkan flu dan sakit kepala, kita bisa merendam kaki dalam air hangat di bak, hingga air menutupi pergelangan kaki. Campurkan beberapa tetes minyak seperti lavender, pepermin, atau lemon, dan rendam kaki antara 10-20 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

Untuk penderita insomnia, merendam kaki dalam air dingin juga bisa menjadi sarana penyembuh. Caranya mudah, tinggal masukkan kaki ke dalam air di bak, dan tunggu sampai kaki terasa dingin. Cara ini juga bisa digunakan sebagai pengobatan berguna untuk kaki lelah, pendarahan hidung, dan sembelit.

Mandi air hangat dengan temperatur 32-35 derajat Celsius dapat membuka pori-pori, sehingga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Hal ini berfungsi membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot, dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan untuk tujuan itu sekitar 10-20 menit.

Jika air hangat membantu membuka pori-pori kulit, mandi air dingin berfungsi mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan gula darah. Karena itu, penderita diabetes tidak dianjurkan mandi air dingin.

Namun, bagi yang tidak menderita penyakit tertentu, mandi air dingin bisa menghilangkan stres, karena meredakan ketegangan. Untuk tujuan itu, temperatur yang dianjurkan sekitar 12-18 derajat Celcius.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 5083057489491968557

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item