Zat Dalam Produk Rumah Tangga Bisa Membahayakan Paru-paru

 Zat Dalam Produk Rumah Tangga Bisa Membahayakan Paru-paru
Ilustrasi/istimewa
Aktivitas dan pekerjaan sehari-hari di rumah atau di kantor melibatkan banyak zat kimia, disadari atau tidak. Dan zat-zat kimia itu, meski tak terlihat—karena ukurannya sangat kecil—rupanya berpotensi mengancam kesehatan paru-paru kita.

Berdasarkan penelitian, mengisap partikel kecil atau nanomaterial yang terkandung dalam berbagai macam produk rumahtangga yang beredar di pasaran bisa menyebabkan peradangan dan kerusakan paru-paru. Produk yang digunakan dalam rumahtangga bisa termasuk tabir surya, tinta fotokopi, atau produk pembersih.

Studi yang dilakukan tim peneliti dari Center for Health and the Environment di University of California itu mengamati dua jenis nanomaterial yang paling banyak digunakan dalam industri, elektronik, atau obat-obatan.

Nanomaterial biasanya digunakan untuk membuat produk lebih kuat dan fleksibel. Dari penelitian terungkap bahwa mengisap nanomaterial bisa berbahaya untuk paru-paru. Penelitian itu merupakan yang pertama dilakukan di perusahaan industri berbeda, yang menunjukkan hasil sama.

Penemuan itu pun diharapkan bisa dijadikan acuan bagi pemerintah untuk membuat peraturan terkait penggunaan nanoteknologi yang aman bagi kesehatan. Kent Pinkerton, salah satu peneliti, menyatakan, “Penelitian ini memberikan konfirmasi lebih lanjut terkait bahaya penggunaan nanomaterial yang bisa menyebabkan radang dan merusak paru-paru.”

Kent Pinkerton juga menjelaskan, meski sedikit nanomaterial yang terisap mungkin tidak tampak berbahaya, namun penggunaan dalam waktu lama atau jangka panjang menjadikan nanomaterial yang terisap akibat penggunaan produk rumahtangga itu terkumpul dalam tubuh, dan bisa membahayakan kesehatan paru-paru masyarakat.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Umum 3943392485196569109

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item