Sejak Kapan Plastik Dibuat di Dunia?

 Sejak Kapan Plastik Dibuat di Dunia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/pmjnews.com
Plastik telah dibuat sejak abad ke-19. Bahkan tanpa teknologi dan pengetahuan mutakhir, para ahli kimia di masa itu telah mengetahui cara membuat plastik.

Plastik dibuat melalui proses kimia yang disebut polimerisasi. Plastik pertama, vinil klorida, dibuat pada 1838. Tidak lama setelah itu muncul plastik stiren pada 1839, lalu poliester pada 1847. Meski begitu, orang di masa itu belum menyadari potensi penggunaannya.

Seiring berjalannya waktu, para ahli kimia mulai mencari bahan pembuat plastik yang lebih murah. Pada 1869, John Hyatt menemukan seluloid, yang kemudian menjadi bahan revolusioner yang sangat kuat dan mudah dibentuk. Penemuan itu pun mengawali gelombang ahli kimia untuk mengembangkan bahan sintetis baru.

Sampai kemudian, pada 1909, Leo Bakeland menemukan fenolformaldehida, yang memicu pengembangan plastik lebih revolusioner lagi.

Bahan temuan Leo Bakeland itu bisa dicetak dan dibentuk menjadi apa pun, sekaligus murah biaya produksinya. Dia menyebut bahan itu dengan nama bakelit, dan bahan itu menjadi yang pertama diproduksi dalam jumlah massal untuk berbagai kebutuhan—hingga di masa sekarang.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7192536254682923399

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item