Memakai Kacamata Hitam ternyata Bisa Mengurangi Alergi

Memakai Kacamata Hitam ternyata Bisa Mengurangi Alergi, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Gejala alergi bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Berkaitan dengan hal itu, sebuah penelitian terbaru memberikan resep yang unik dan tak terbayang sebelumnya, yaitu memakai kacamata hitam. Cara yang mudah itu dipercaya bisa mengusir alergi.

Penelitian itu dilakukan dengan membandingkan sejumlah partisipan yang sering memakai nasal spray dan obat seperti loratadine (Claritin) untuk mengobati alergi musimannya. Kemudian, partisipan dibagi menjadi dua kelompok, sebagian di antaranya diminta mengenakan kacamata hitam seharian.

Hasilnya cukup menakjubkan. Para partisipan yang diminta memakai kacamata hitam terbukti hanya membutuhkan antihistamin atau obat alergi lainnya dalam jumlah kecil, dibandingkan partisipan yang tidak menggunakannya. Mereka juga dilaporkan lebih sedikit mengalami gejala alergi, terutama pada matanya.

Leonard Bielory, M.D. dari Rutgers University, tidak ikut dalam penelitian tersebut, tapi dia tidak menampik kenyataan itu. Ia menyatakan, “Di samping melindungi kita dari sinar matahari, kacamata hitam juga dapat memblokir datangnya serbuk sari, karena keduanya dapat memicu munculnya gejala alergi, terutama pada kedua mata.”

Kacamata yang digunakan peneliti dalam studi ini adalah kacamata berlensa bundar dan besar, bukan kacamata fashion yang biasa dipakai untuk meningkatkan penampilan. Namun apa pun bentuknya bukan masalah.

“Yang penting untuk melawan alergi, kita harus mengurangi sirkulasi udara di sekitar mata,” terang Dr. Bielory, salah satu anggota peneliti. “Makin banyak bagian-bagian wajah seperti pipi, alis dan pelipis yang tertutupi, maka semakin kecil jumlah serbuk sari yang masuk dan memicu gejala alergi.”

Meski begitu, Dr. Bielory juga mengingatkan, bahwa kacamata hanya membantu mengendalikan gejala alerginya saja, karena paparan sinar matahari dapat memperparah munculnya gejala alergi.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 5863737698786752721

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item