Melihat Foto Pasangan Bisa Mengurangi Rasa Nyeri

Ilustrasi/pixabay.com
Cinta pada seseorang adalah penghilang rasa sakit yang lebih baik. Kenyataan yang mungkin terdengar romantis itu terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Stanford University, California, AS.

Penelitian itu melibatkan para partisipan yang telah menikah selama 9 bulan. Dalam penelitian, mereka diberi dosis rasa nyeri yang ringan, kemudian mereka dihadapkan pada foto-foto pasangan mereka, foto-foto kenalan mereka, dan beberapa tugas kantor yang pada penelitian sebelumnya menunjukkan dapat mengurangi rasa sakit.

Hasilnya, ketika melihat foto pasangan mereka dan melakukan tugas kantor, rasa nyeri para peserta berkurang, tetapi melihat foto pasangan mereka lebih besar pengaruhnya dalam mengurangi rasa sakit.

Analgesia yang lebih besar saat melihat foto pasangan mereka juga dikaitkan dengan meningkatnya aktivitas di beberapa daerah di otak, seperti nucleus accumbens, lateral orbitofrontal cortex, Amigdala, dan dorsolateral prefrontal cortex. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivasi beberapa daerah otak tersebut yang melalui cara nonfarmakologis dapat mengurangi rasa sakit.

Profesor Paul Gilbert dari University of Derby, yang tidak terlibat dalam penelitian itu, mengatakan, “Efek dari hasil penelitian yang diperlihatkan oleh para peneliti mungkin hanya sementara, karena melibatkan pasangan yang baru menjalani hubungan. Mungkin pula hal itu akan digantikan oleh seseuatu yang sama dalam suatu hubungan, seperti misalnya rasa nyaman dan kesejahteraan yang bisa melepaskan hormon endorfin.”

Apa pun perkiraan atau komentar yang muncul atas studi ini, sekarang kita tahu ada alternatif yang lebih baik selain minum obat penghilang rasa nyeri, yaitu dengan melihat foto pasangan atau seseorang yang kita cintai.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 885770865602761551

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item