Langsing Bisa Diperoleh dengan Olahraga 30 Menit

Ilustrasi/grid.id
Untuk memperoleh berat badan idaman, banyak orang yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk berolahraga atau beraktivitas di gym. Padahal, menurut studi, tujuan untuk bisa langsing bisa diperoleh hanya dengan berolahraga selama 30 menit saja.

Berdasarkan penelitian, orang-orang yang berolahraga selama 30 menit sehari sudah kehilangan sepertiga berat badan lebih banyak, dibandingkan orang-orang yang berolahraga selama satu jam. Sesi olahraga yang lebih pendek membuat partisipan memiliki lebih banyak energi (sisa olahraga), namun motivasi mereka untuk mengadopsi gaya hidup yang sehat lebih tinggi. Sebaliknya, olahraga intens hingga satu jam penuh justru menyebabkan orang-orang yang melakukannya menjadi kelelahan, dan efeknya menjadi enggan hidup sehat.

Dr. Astrid Jespersen, dari University of Copenhagen, Denmark, menyatakan, “Temuan ini jelas membantu orang-orang yang biasanya ngoyo dalam berolahraga, terutama para pekerja kantoran yang banyak duduk. Partisipan yang berolahraga paling sedikit justru mengalami peningkatan kadar energi dan motivasi yang lebih tinggi untuk berolahraga dan hidup sehat setiap hari. Mereka jadi lebih semangat naik tangga, mengajak anjing peliharaan jalan-jalan, atau bersepeda ke kantor. Sebaliknya, pria yang berolahraga selama satu jam setiap harinya, justru kelelahan setelah latihan, dan efeknya kurang termotivasi serta cenderung malas membuat perubahan gaya hidup.”

Studi yang dipublikasikan dalam Scandinavian Journal of Public Health itu didasarkan pada pengamatan terhadap 60 pria asal Denmark yang mengalami kelebihan berat badan namun relatif sehat, selama 13 minggu.

Sebagian partisipan diminta berolahraga keras selama 30 menit sehari, di antaranya jogging, bersepeda, atau cross training (metode olahraga dengan mengombinasi beberapa jenis latihan sekaligus), sedang sebagian lainnya berolahraga selama satu jam tiap hari. Hasilnya, rata-rata partisipan yang hanya olahraga setengah jam sehari kehilangan berat badan sekitar 3,6 kilogram dalam kurun waktu tiga bulan, sedang partisipan yang durasi olahraganya lebih lama cuma kehilangan sekitar 2,7 kilogram.

Dari wawancara yang dilakukan peneliti dengan partisipan, terungkap mengenai perasaan partisipan selama berlangsungnya studi. Partisipan yang berolahraga dengan durasi lebih pendek justru lebih bersemangat hidup sehat, daripada partisipan yang durasi olahraganya panjang.

Sebelumnya, studi lain yang dilakukan Norwegian University of Science and Technology telah menemukan bahwa olahraga intens selama 12 menit per minggu dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengangkut oksigen di dalam darah dan mengurangi tekanan darah. Sementara studi lain juga menunjukkan bahwa setiap menit yang ditambahkan dalam sesi olahraga intens juga berakibat pada penurunan berat badan, meskipun kecil.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 2708802977386462067

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item