Kapan Lahirnya Piala Dunia Sepakbola?

Ilustrasi/kredivo.com
Ide untuk melahirkan kejuaraan sepakbola dunia muncul pada tahun 1904 di Paris, ketika berlangsung Kongres I FIFA. Kemudian, pada 1928, FIFA dan presiden persatuan sepakbola Prancis (FFFA), Jules Rimet dan rekannya, Henri Delaunay, memutuskan untuk mewujudkan ide tersebut. Satu tahun kemudian, FIFA secara resmi mempersiapkan sebuah kejuaraan yang diberi nama World Cup, yang akan berlangsung setiap empat tahun.

Piala kejuaraan itu semula dikenal dengan nama Piala Jules Rimet. Piala Jules Rimet dibuat oleh perupa Prancis, Abel La Fleur, dalam bentuk oktagonal berlambang Bumi yang dipegang oleh Dewa Kemenangan bernama Nike (dewa Yunani kuno). Piala itu dibuat dari emas seberat 3,8 kilogram, dengan tinggi 35 centimeter.

Piala Dunia pertama dilaksanakan di Uruguay, dan berlangsung dari 13-30 Juli 1930. Sebanyak 13 negara turut serta dalam acara itu—6 dari Amerika Utara, 5 dari Eropa, dan 2 dari Amerika Utara. Dalam pertandingan final yang ditonton 93.000 orang di Montevido itu, Uruguay mengalahkan Argentina 4-2, dan menjadi negara pertama yang merebut piala kejuaraan tersebut.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Olahraga 1318560054534704934

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item