Bagaimana Sejarah Bangsa India?

Ilustrasi/asiasociety.org
Pada abad ke-33 SM sampai abad ke-17 SM, kebudayaan Lembah Hindu menjadi salah satu kebudayaan tertua di dunia. Kebudayaan itu berpusat di Harappa dan Mohenjo-daro. Mereka sudah membuat rumah dari batu bata dengan ukuran seperti sekarang. Mereka juga sudah menguasai sistem pengairan untuk pertanian.

Kebudayaan Lembah Hindu kemudian diikuti kebudayaan Verdik pada abad ke-17 SM sampai abad ke-7 SM. Bahasa yang digunakan waktu itu adalah Sansekerta, yang menjadi salah satu bahasa tertua di dunia, yang juga masih digunakan sampai saat ini.

Pada abad ke-6 SM sampai abad ke-9 M, India memasuki masa kerajaan. Kerajaan India disebut Mahajanapada, dan ada 16 kerajaan di sana. Pada masa itu, lahirlah Buddha Gautama dan Mahavira yang menyebarkan agama Buddha dan agama Jain yang menjadi dua agama besar di India.

Kemudian, Kekaisaran Achaemenis dari Persia menyerang barat laut India (sekarang menjadi Afghanistan dan Pakistan). Wilayah itu lalu direbut Alexander Agung dari Yunani. Tak lama kemudian, bangsa Arab masuk ke sana, dan mendirikan kerajaan-kerajaan Islam. Pada waktu orang Inggris datang, dimulailah era penjajahan di India, yang berlangsung dari tahun 1754-1947.

Perlawanan melawan Inggris dipimpin oleh Mohandas Gandhi, Jawarhal Nehru, dan Vallabhbhai Patel, sampai kemudian India berhasil merdeka pada tahun 1947, dan menjadi bangsa modern.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 4192199276067738611

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item