Apakah Bersih-bersih Rumah Termasuk Olahraga?

Ilustrasi/tukangbersih.com
Banyak orang—khususnya ibu-ibu rumahtangga—yang mengira bahwa aktivitas bersih-bersih rumah termasuk olahraga, sehingga mereka berpikir tidak perlu lagi berolahraga secara khusus. Sayangnya, hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health tidak menyatakan begitu.

Berdasarkan studi tim peneliti dari Northern Ireland, orang-orang yang hanya melakukan pekerjaan rumahtangga memiliki berat badan lebih tinggi daripada mereka yang benar-benar berolahraga. Mereka menyatakan, “Mungkin, karena berpikir bersih-bersih rumah termasuk olahraga, orang mengira mereka telah membakar banyak lemak, padahal tidak.”

Selain itu, karena mengira telah membakar banyak lemak, konsumsi makan pun tidak terkontrol. Akibatnya, berat badan bukannya turun, tetapi malah naik.

Pendapat lain dilontarkan oleh Richard Cotton dari American College of Sports Medicine, yang tidak terlibat dalam penelitian. Menurutnya, jika memang ingin menurunkan berat badan, bersih-bersih rumah saja tidak cukup.

Sebagai contoh, 30 menit menyapu lantai bisa membakar 130 kalori. Sementara 30 menit bersepeda bisa meluruhkan 400 kalori. Perbandingan itu cukup jelas menunjukkan bahwa bersih-bersih rumah tidak bisa dianggap olahraga, khususnya jika bertujuan menururnkan berat badan atau ingin memiliki tubuh bugar.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 2714169550300773091

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item