Apa Itu Kapoera, dan Bagaimana Asal Usulnya?

Ilustrasi/plastun-pk.ru
Kapoera adalah sejenis bela diri yang banyak menggunakan tendangan. Sejak abad ke-16 hingga abad ke-19, Portugal membawa budak kulit hitam dari Afrika Barat ke Amerika Selatan. Sebagian dari mereka dibawa ke Brazil.

Di Brazil, sebagian budak-budak itu mengembangkan bela diri yang mereka sebut kapoera, yang melatih kemampuan bertempur menggunakan kaki. Mereka berlatih secara rahasia, dan menggunakan kemampuan itu untuk melawan penjajah. Setelah perbudakan dilarang, para pakar kapoera masih terus berlatih, dan mereka bergabung dengan kelompok anti pemerintah, serta melakukan tindakan kriminal. Pada tahun 1892, kapoera dilarang di Brazil.

Sejak pelarangan tersebut, kapoera kembali dipelajari secara rahasia. Sampai kemudian, larangan itu dicabut pada tahun 1918. Pada tahun 1937, Mastre Bimba diundang untuk menunjukkan kebolehannya dalam kapoera di depan presiden. Setelah menyaksikan hal itu, presiden memberi izin membuka sekolah kapoera pertama di Brazil. Kini, kapoera dikenal sebagai olahraga nasional Brazil.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 3718868715328821574

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item