Akupuntur Bisa Membantu Menghilangkan Depresi

Akupuntur Bisa Membantu Menghilangkan Depresi
Ilustrasi/istimewa
Dalam upaya sembuh dari depresi, ada banyak cara yang dilakukan orang, dari minum obat penenang, terapi, pengobatan medis, hingga pengobatan alternatif atau tradisional. Berdasarkan studi terbaru, ternyata pengobatan akupuntur juga bisa membantu menghilangkan depresi, bahkan manfaat akupuntur diklaim setara dengan berkonsultasi ke psikolog.

Dari penelitian yang dilakukan, terungkap bahwa satu dari tiga pasien tidak lagi terserang depresi setelah tiga bulan melakukan akupuntur rutin atau konseling. Hugh MacPherson, dari University of York, menyatakan, “Bagi orang yang mengalami depresi, sebagian dari mereka yang melakukan pengobatan medis, tak puas dengan hasilnya.”

Dalam penelitian, para peneliti mencoba keberhasilan akupuntur dengan merekrut 755 peserta yang sedang mengalami depresi berat. Peneliti kemudian membagi peserta menjadi tiga kelompok.

Sebanyak 302 orang diberi 12 sesi akupuntur mingguan, 302 orang diberi sesi konseling mingguan, dan 151 hanya diberi perawatan biasa. Sekitar 70 persen dari sukarelawan mengkonsumsi obat antidepresan selama tiga bulan sebelumnya, namun selama melakukan percobaan mereka telah benar-benar berhenti.

Semula, peserta memiliki skor rata, yaitu 16 dari skala 0-27 untuk ukuran depresi. Setelah tiga bulan mengikuti penelitian ini, skornya turun ke angka 9 untuk yang menerima sesi akupuntur. Sedangkan mereka yang menerima sesi konseling turun ke angka 11, dan relawan dengan perawatan biasa hanya turun ke angka 13.

Peserta yang menerima akupuntur atau konseling juga mengakui bahwa mereka memperoleh berbagai kemajuan besar selama tiga bulan waktu penelitian. Selain itu, manfaat akupuntur untuk antidepresan juga bertahan sampai tiga bulan berikutnya.

Hugh MacPherson menekankan, “Ini menjadi bukti akupuntur adalah opsi baru untuk menghilangkan depresi, sekaligus bukti pertama bahwa akupuntur benar-benar bisa membantu.”

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 426261400672892012

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item