Siapa Penemu Lampu Lalu Lintas?

Siapa Penemu Lampu Lalu Lintas? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kaskus.co.id
Orang pertama yang mengajukan ide penggunaan lampu lalu lintas adalah Richard Mayne, Komisioner Polisi Metropolitan di Inggris.

Pada akhir abad ke-19, para politisi di Inggris mengeluh kesulitan saat akan membelok memasuki Istana Westminster dengan kereta kuda mereka, akibat padatnya lalu lintas. Keluhan itu ditanggapi Richard Mayne dengan memperkenalkan sistem pengaturan lalu lintas berupa lampu merah dan hijau, bertenaga gas. Lampu itu mulai dioperasikan pada 10 Desember 1868.

Lampu lalu lintas itu dikontrol oleh tuas di pangkalnya, namun pengoperasiannya tidak bisa diandalkan. Hanya beberapa minggu sejak penggunaannya, seorang polisi terluka ketika alat tersebut meledak. Lampu itu pun tak populer, dan hanya sempat beroperasi selama beberapa tahun.

Empat puluh enam tahun kemudian, lampu lalu lintas mulai bertenaga listrik, dan dipasang pertama kali di perempatan yang sibuk di Ohio, Amerika Serikat, pada 5 Agustus 1914.

Pada waktu itu lampu lalu lintas hanya merah dan hijau, dan para pengendara diberi peringatan ketika lampu akan berganti warna dengan suara bel keras. Di Inggris, lampu lalu lintas listrik dipasang pertama kali di London pada 1926.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh 58777403598802625

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item