Hampir 100 Persen Pengemudi Mobil Tidak Tahu Arti Indikator di Dashboard

Ilustrasi/tribunnews.com
Ini mengejutkan, sekaligus berpotensi bahaya. Berdasarkan penelitian, ternyata hampir seratus persen pengemudi mobil tidak tahu arti berbagai indikator yang ada di dashboard mobilnya!

Britania Rescue di Inggris mengadakan survei untuk mengetahui sejauh mana penguasaan dan pemahaman para pengemudi terhadap instrumen di mobilnya. Hasilnya, hampir 100 persen pengemudi tidak mengerti simbol-simbol pada panel instrumen, dan para pengendara mobil mengaku kebingungan dalam memahami berbagai instrumen yang ada di dashboard mobilnya, juga tidak mengetahui arti-arti indikator yang muncul.

Penelitian itu mengungkapkan, 98 persen pengemudi tidak mengerti semua lampu peringatan pada dashboard, terutama karena ada 99 variasi simbol di dashboard, dan hanya 15 simbol yang dikenal pada mobil baru. Sementara itu hanya 12 simbol yang konsisten tersemat pada semua model mobil.

Ketidaktahuan pengemudi terhadap berbagai indikator di dasboard mobilnya, disebabkan produsen mobil kerap mengubah penampilan interior mobil. Selain itu, antara mobil satu dengan lainnya juga banyak menyuguhkan simbol yang berbeda-beda, dengan fungsi yang berbeda pula. Marcedes-Benz E Class, misalnya, memiliki 41 jenis lampu peringatan di dashboard, atau hampir dua kali lebih banyak dari Volvo S40. Akibatnya, tidak setiap pengemudi mobil akan langsung tahu tambahan berbagai instrumen atau indikator yang ada.

Yang lebih mengejutkan lagi, penelitian itu juga menemukan sebanyak 35 persen pengemudi tidak mengenali lampu peringatan airbag. Itu sama saja pengakuan bahwa jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan di jalan raya, mereka tidak akan tahu instrumen mana yang harus digunakan untuk menyelamatkan diri!

Melalui penelitian tersebut, para peneliti pun menyimpulkan bahwa instrumen dan indikator mobil masih dianggap menyulitkan bagi para pengendara, sehingga mereka tidak mengerti maksud simbol-simbol tersebut.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Studi 7717798344310512665

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item