Apa Perbedaan HD DVD dan HD Blu-Ray?

Ilustrasi/computerhoy.com
HD DVD (High-Definition DVD) adalah format cakram optik dengan kepadatan tinggi, yang didesain untuk menyimpan data, termasuk video definisi tinggi. Cakram HD DVD dirancang untuk menggantikan format DVD. HD DVD bisa menampung data sebanyak tiga kali data yang dapat ditmpung DVD. Jika DVD memiliki kapasitas 4,7 GB per lapis, HD DVD memiliki kapasitas 15 GB per lapis.

Sedangkan Blu-ray adalah format cakram optik untuk penyimpanan media digital, termasuk video definsi tinggi. Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini. Cakram Blu-ray bisa menyimpan data lebih banyak dari format DVD, karena panjang gelombangnya hanya sebesar 405 nm—lebih pendek dibanding laser merah yang sebesar 650 nm, yang digunakan DVD dan CD.

Perbedaan HD DVD dan HD Blu-ray terdapat pada kapasitasnya. Cakram Blu-ray bisa menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya, sedangkan DVD hanya bisa menampung 4,7 GB. Saat ini bahkan sudah ada cakram Blu-ray satu lapis (25 GB) dan dua lapis (50 GB) yang bisa ditulis ulang.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Iptek 3630972423394575417

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item