Bagaimana Sejarah Berdirinya Kekaisaran Bizantium?

Pada waktu Kaisar Diocletian berkuasa pada 284 M, kekaisaran Romawi dibagi menjadi dua bagian, barat dan timur, agar lebih mudah dalam mela...


Pada waktu Kaisar Diocletian berkuasa pada 284 M, kekaisaran Romawi dibagi menjadi dua bagian, barat dan timur, agar lebih mudah dalam melaksanakan pemerintahan. Romawi Barat tetap beribukota di Roma, sedang Romawi Timur (Bizantium), yang kemudian diperintah oleh Constantine, menamai ibukotanya Konstantinopel (yang sekarang menjadi Istambul, di Turki).

Enam tahun setelah Constantine menjadikan Konstantinopel sebagai ibukota Bizantium, para pekerja, arsitek, dan seniman di sana menjadikan kota itu sebagai kota paling luar biasa di dunia.

Konstantinopel adalah rute utama perdagangan antara Adia dan Eropa. Di tempat itu perdagangan dengan sistem barter berlangsung, dan terjadi pertukaran antara sutera, permadani, gading, emas, zaitun, anggur, dan lain-lain. Dengan mengenakan biaya 10 persen dari semua barang yang masuk dan keluar, Konstantinopel pun menjadi kota yang sangat kaya.

Ketika Romawi runtuh pada tahun 476, Konstantinopel menjadi kekaisaran Bizantium, dan kota itu menjadi pusat peradaban barat selama beberapa abad kemudian. Konstantinopel kemudian ditaklukkan oleh Sultan Mehmet dari Turki pada tahun 1453.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Related

Sejarah 6834485805776007742

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item