Mengapa Sepeda Laki-laki Memiliki Palang?

Mengapa Sepeda Laki-laki Memiliki Palang?
Ilustrasi/istimewa
Para pembuat sepeda telah melakukan berbagai eksperimen untuk menghasilkan sepeda yang kuat, dan mereka menyimpulkan bahwa rangka sepeda terbaik dibuat dalam bentuk wajik atau segitiga. Karenanya, sepeda pun dibuat dengan adanya palang, sehingga struktur wajik atau segitiga terbentuk, dan rangka sepeda menjadi lebih kuat.

Dalam perkembangannya, sepeda dengan palang atas yang sejajar dengan tanah itu lebih populer dengan sebutan sepeda laki-laki, sementara sepeda yang biasa dikenakan perempuan memiliki palang yang diturunkan hingga bisa dibilang nyaris tidak memiliki palang. Mengapa palang atas sepeda perempuan dibuat lebih rendah?

Di masa lalu, perempuan mengenakan rok atau gaun panjang. Agar mereka bisa mengendarai sepeda tanpa melanggar kesopanan, maka para pembuat sepeda pun berinisiatif membuat rangka sepeda dengan palang yang lebih rendah, agar para perempuan dapat menaikinya tanpa melanggar kehormatan. Setidaknya, untuk memudahkan mereka saat naik atau turun dari sepeda.

Namun, di masa kini, karena banyak perempuan yang mengenakan celana pendek atau celana panjang ketat untuk mengendarai sepeda, maka sepeda perempuan pun kadang memiliki palang atas.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 6551719082225938711

Posting Komentar

  1. kalo berdasar pengalaman sih, sepeda yang berpalang lebih kenceng dan enak dipakai di jalan mulus. kalau di jalan yang runtak dan tidak rata, sepeda berpalang goncangannya lebih keras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu ya? Baru tahu. *seumur-umur belum pernah naik sepeda palang*

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item