Mengapa Kita Bisa Melihat Siaran Langsung TV dari Negara Lain?

Mengapa Kita Bisa Melihat Siaran Langsung TV dari Negara Lain? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Ada banyak siaran langsung yang biasa kita saksikan di televisi rumah kita, meski siaran langsung itu berasal dari negeri lain yang jauh. Semisal siaran langsung pertandingan sepakbola, tinju, atau acara dan peristiwa tertentu. Suatu acara atau peristiwa yang terjadi di Amerika jam ini, misalnya, bisa langsung kita saksikan di televisi di Indonesia.

“Keajaiban” semacam itu dimungkinkan karena adanya satelit. Teknologi satelit memungkinkan suatu siaran dapat disaksikan dari tempat lain yang sangat jauh.

Secara sederhana, gambar yang ditangkap kamera televisi di tempat kejadian akan diolah dan disalurkan dari stasiun televisi asal ke pemancar parabola miliknya, yang kemudian diteruskan ke satelit yang ada di luar angkasa.

Satelit di luar angkasa kemudian memancarkan kembali sinyal tersebut ke parabola penerima (receiver), dan disiarkan melalui stasiun televisi penerima di negara kita. Dengan cara seperti itulah kita dapat menyaksikan siaran-siaran itu secara langsung meski jaraknya sangat jauh.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 1937386825676379238

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item