Mengapa Baterai Radio Lebih Cepat Habis jika Sering Disetel dengan Volume Keras?

Mengapa Baterai Radio Lebih Cepat Habis jika Sering Disetel dengan Volume Keras?
Ilustrasi/istimewa
Beberapa pesawat radio dilengkapi baterai agar radio bisa aktif (mengeluarkan suara untuk didengarkan). Baterai menjadi sumber daya. Semakin sering radio itu disetel, atau semakin keras volumenya dinyalakan, daya yang dibutuhkan pun semakin banyak, sehingga baterai akan lebih cepat habis energinya.

Dari riset yang pernah dilakukan, peningkatan volume—apalagi yang sangat keras—membutuhkan daya tiga kali lipat dibanding jika volume disetel secara wajar (tidak terlalu lirih, juga tidak terlalu keras).

Peningkatan kebutuhan daya itu pun berdampak langsung pada usia baterai yang hanya sepertiga dari kemungkinan usia yang dimilikinya. Mengaktifkan pengeras suara atau volume membutuhkan banyak daya.

Beberapa radio ada yang menggunakan satu atau dua baterai, ada pula yang menggunakan hingga enam atau delapan baterai, tergantung besar kecilnya pesawat radio. Tetapi prinsipnya sama saja. Semakin sering radio itu dinyalakan, atau semakin keras volumenya disetel, akan mempengaruhi usia baterai hingga cepat habis.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 5234248313176232408

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item