Apa yang Terjadi Jika Sesuatu Bergerak Melebihi Kecepatan Suara?

Apa yang Terjadi Jika Sesuatu Bergerak Melebihi Kecepatan Suara? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/pinterpandai.com
Pada saat ini ada pesawat terbang yang kecepatannya mampu melebihi kecepatan suara, yang biasa disebut pesawat supersonik. Misalnya Concorde dan Tupolev Tu-144 milik Rusia. Concorde adalah pesawat supersonik pertama yang diciptakan pada dekade 1950-an, hasil kerjasama Inggris dan Prancis.

Ketika terbang, Concord mampu melaju dengan kecepatan 2,04 mach (2.200 kilometer per jam) pada ketinggian 60.000 kaki (17.700 meter). Itu artinya kecepatan Concorde 2 kali kecepatan suara, yakni 1.200 km/jam.

Dengan kecepatan luar biasa itu, Concorde hanya membutuhkan waktu dua setengah jam dari Paris ke New York, sementara rata-rata pesawat biasa harus membutuhkan waktu lebih dari 7 jam untuk menempuh jarak tersebut.

Ketika menembus kecepatan luar biasa itu, Concorde akan mengeluarkan suara menggelegar yang disebut sonic boom. Sonic boom adalah gelombang kejut di udara yang mengalami perubahan—tekanan udara, temperatur, densitas—secara mendadak.

Jika hal itu terjadi di atas daratan yang penuh perumahan, pengaruh sonic boom dapat memecahkan kaca-kaca jendela rumah.

Selain itu, gelombang kejut tersebut juga merambat, dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat pekak orang yang mendengarnya. hanya diperbolehkan terbang dengan kecepatan luar biasa tersebut ketika sudah berada di atas Samudera Atlantik. Ketika masih terbang di atas daratan Eropa dan Amerika, Concorde melaju dengan menggunakan kecepatan pesawat biasa, yaitu 600 km/jam.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Teknologi 4750067358916387100

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item