Apa yang akan Terjadi jika Orangutan Punah?

Apa yang akan Terjadi jika Orangutan Punah?
Ilustrasi/istimewa
Pada tahun 1994, populasi orangutan Sumatera mencapai lebih dari 12.000. Namun, pada 2003, jumlah itu turun drastis hingga tinggal sekitar 7.300 individu. Kemudian, data pada tahun 2008 memperkirakan jumlah orangutan Sumatera di alam liar hanya tinggal sekitar 6.500.

Karena itulah, orangutan Sumatera telah masuk dalam klasifikasi Critically Endangered dalam daftar IUCN.

Saat ini, diperkirakan orangutan akan menjadi spesies kera besar pertama yang punah di alam liar. Penyebab utamanya adalah berkurangnya habitat, dan perdagangan hewan. Apa yang akan terjadi jika orangutan punah?

Orangutan merupakan spesies dasar bagi konservasi. Orangutan memegang peranan penting bagi regenerasi hutan melalui buah-buahan dan biji-bijian yang mereka makan.

Profesor Birute Galdikas, peneliti orangutan sejak tahun 1971, menyatakan bahwa orangutan mempunyai peranan yang sangat penting dalam regenerasi hutan, termasuk penyebar biji-bijian. Ada sekitar 40 jenis tumbuhan yang disebarkan bijinya oleh orangutan.

Karena itu, hilangnya orangutan mencerminkan hilangnya ratusan spesies tanaman dan hewan pada ekosistem hutan hujan. Hutan primer dunia yang tersisa merupakan dasar kesejahteraan manusia, dan kunci planet yang sehat adalah keanekaragaman hayati.

Menyelamatkan orangutan dari kepunahan turut menolong mamalia, burung, reptil, amfibi, serangga, tanaman, dan berbagai macam spesies lainnya yang hidup di hutan hujan Indonesia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 361532335796146942

Posting Komentar

  1. hewan yang sudah punah nanti di masa depan apakah bisa dihidupkan kembali dengan kemajuan teknologi modern?

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item