Dari Mana Bulan Mendapatkan Cahaya?

Dari Mana Bulan Mendapatkan Cahaya? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri disebut bintang. Bulan tidak termasuk bintang, karenanya tidak dapat memancarkan cahaya.

Sinar atau cahaya Bulan yang kita lihat pada malam hari sebenarnya pantulan sinar Matahari. Sinar Matahari yang diterima Bulan dipantulkan kembali ke Bumi. Karena itulah sinar Bulan tidak sepanas sinar Matahari.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 155799373566924545

Posting Komentar

  1. sejak SD saya di beri tahu guru IPA Seperti itu, bahwa sinar bulan berasal dari pantulan sinar matahari.
    tapi beberapa hari yang lalu saya menjadi ragu tentang hal itu, kenapa...? karena saat itu (malamnya) bulan bersinar hampir bulat, tidak sepenuhnya bulat ( istilah penanggalan jawa sekitar tanggal 12 an).
    pagi itu saya melihat bulan masih berada di langit pada posisi sekitar 15 derajat di arah barat, jam 7,30 pagi. matahari bersinar dari timur dengan ketinggian yang sama. artinya pada saat yang sam saya melihat bulan dan matahari pada posisi derajat yang hampir sama.
    tapi penampakan bulan tetap saja 3/4 bulat. bukan bulat penuh. padahal logikanya, kalau bulan dan matahari sudah berhadapan, berarti tidak ada penghalang. artinya bulan akan terpapar seluruh permukaan oleh matahari. ternyata dalam keredupannya bulan tetap saja berbentuk 3/4 bulat.
    artinya kehadiran sinar matahari tidak merubah bentuk bulan....
    artinya sinar yang ada di bulan bukanlah pantulan sinar matahari....
    hal itu juga terjadi di hari hari yang lain...

    bagi yang punya ilmu, mohon penjelasannya....

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item