Apa Acara Kuis Televisi Pertama di Dunia?

Ilustrasi/forbes.com
Berdasarkan buku Great Moments of Television yang ditulis Thomas G. Aylesworth (1987), acara kuis televisi pertama di dunia adalah What’s My Line. Acara kuis itu muncul pertama kali di stasiun televisi Amerika Serikat pada 16 Februari 1950, dan ditayangkan selama 18 tahun. Karena popularitasnya, kuis itu lalu diimpor dan ditiru di banyak negara.

What’s My Line adalah kuis yang menampilkan kontestan atau mystery guest yang memiliki pekerjaan tidak lazim, kemudian para panelis (peserta kuis) diminta mewawancarainya, dan si kontestan hanya boleh menjawab “ya” atau “tidak”.

Untuk setiap jawaban salah atau “tidak”, si kontestan akan mendapatkan uang sebesar 5 dolar. Karenanya, jika setelah 10 pertanyaan masih belum tertebak apa profesi si kontestan, maka ia akan mendapatkan uang 50 dolar. Sementara jika para panelis dapat menebak apa profesinya, mereka akan mendapatkan hadiah kuis. Acara kuis itu biasanya mendatangkan orang-orang terkenal di masanya, sehingga orang tertarik untuk menontonnya.

Kuis What’s My Line ini mungkin dapat dibilang mirip kuis Siapa Dia yang juga pernah populer di TVRI pada era 1980-an.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4892423584160139585

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item