Nespresso Capsules, Baterai Bertenaga Bubuk Kopi

Nespresso Capsules, Baterai Bertenaga Bubuk Kopi, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/nogarlicnoonions.com
Tahu tidak, saat ini telah diciptakan baterai dengan bahan baku bubuk kopi, sebagai bagian teknologi yang merambah di bidang pemberdayaan sumber energi alternatif. Baterai dengan berbahan bubuk kopi itu dinamai Nespresso Capsules, dan saat ini tengah dikembangkan agar dapat diproduksi secara massal dan murah.

Nespresso Capsules adalah baterai hemat energi yang menggunakan kopi sebagai bahan dasarnya. Ide penemuan baterai ramah lingkungan ini pertama kali digagas oleh Mischer Traxler.

Struktur sumber energi alternatif baterai ini terdiri dari kapsul alumunium, dengan strip tembaga, air garam, dan bubuk kopi. Prinsip kerjanya pun cukup sederhana. Alumunium berfungsi sebagai anoda, tembaga sebagai katoda, sedangkan air garam berfungsi sebagai elektrolit. Bisa dikatakan proses kimia dalam baterai ini mirip cara kerja baterai mobil.

Dalam proses kimia yang cukup sederhana itu, setiap baterai mampu menghasilkan energi listrik sebesar 1,5 sampai 1,7 Volt, setara dengan baterai ukuran AA yang sering kita gunakan. Diharapkan, baterai hemat energi ini nantinya dapat menggantikan baterai standar atau baterai konvensional yang saat ini kita gunakan, yang bahannya cukup berbahaya bagi lingkungan.

Baterai bertenaga kopi ini sudah diuji penggunaannya dalam Venice Design Week, sebuah festival teknologi, dan sebanyak 700 baterai kopi tersebut mampu memberikan tenaga bagi jam yang ada di sana. Kelak, baterai itu diharapkan dapat menggantikan sistem baterai yang lebih rumit seperti yang digunakan produk-produk teknologi informasi, di antaranya baterai laptop maupun baterai ponsel.

Hmm... bagaimana menurutmu?

Related

Sains 5292311756100765345

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item