Siapakah Ada Lovelace?

Siapakah Ada Lovelace? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/eu-startups.com
Ada Lovelace adalah programer komputer wanita pertama di dunia, sekaligus salah satu wanita berpengaruh abad ke-19 dalam dunia komputer. Terlahir dengan nama Augusta Ada King pada Desember 1815 di Inggris, Ada Lovelace adalah putri tunggal Lord Byron, seorang penyair terkenal Inggris abad ke-19.

Berbeda dengan ayahnya yang piawai menulis puisi, Ada Lovelace dididik ibunya untuk lebih mengandalkan otak dan menggunakan logika. Maka ia pun menjadi orang yang sangat pandai dalam matematika sejak usia dini. Prestasi pertamanya terjadi pada tahun 1828, ketika ia ikut mendesain mesin terbang—sesuatu yang lazim dilakukan oleh kaum pria.

Pada tahun 1883, Ada Lovelace bertemu Charles Babbage, yang kemudian membawanya ke dunia komputer. Ia membantu menulis program komputer pertama di dunia bagi mesin ciptaan Babbage, Analytical Engine, yang merupakan cikal bakal komputer saat ini. Kontribusi penting Ada Lovelace dalam proyek itu adalah menerjemahkan memoar Luigi Menabrea, dan menambahkan catatan yang meliputi metode kalkulasi nomor-nomor Bernoulli pada mesin tersebut.

Selain itu, Ada Lovelace juga menulis sejumlah penjelasan awal mengenai komputer dan software, kecerdasan buatan (artificial intelligent), dan musik komputer.

Prestasi perempuan itu mungkin akan semakin bersinar di masa selanjutnya, namun ia meninggal dunia pada usia 36 tahun akibat kanker dan pendarahan, pada 27 Novemver 1852. Sebagai penghormatan untuknya, pada 1980 Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamai bahasa pemrograman komputer mereka dengan namanya, “Ada”.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 8983527297285534466

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item