Apakah Buah Simalakama Benar-benar Ada?

Ilustrasi/mongabay.co.id
Ada. Sebenarnya, buah simalakama adalah sebutan untuk buah yang dalam bahasa Latin disebut Phaleria macrocarpa atau Phaleria papuana. Buah itu merupakan tanaman asli Indonesia, dan ditemukan pertama kali di Papua. Dalam bahasa Indonesia, buah berbentuk bulat sebesar sawo dan berwarna hijau kemerahan tersebut dinamakan mahkota dewa.

Buah itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan yang terdapat di dalamnya antara lain alkaloid, terpenoid, saponim, flavonoid, lignan, dan resin, yang memiliki khasiat sebagai antialergi (antihistamin), antioksidan, antikanker, juga sintosinon (memudahkan proses melahirkan). Bagian tanaman yang dapat digunakan adalah daun, daging, dan kulit buahnya.

Istilah “ibarat memakan buah simalakama” kemungkinan muncul karena buah itu beracun jika dimakan langsung tanpa dikeringkan terlebih dulu.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Flora 4595369663578574298

Posting Komentar

  1. Simalakama adalah sebutan orang Sumatera (melayu) untuk buah asli Papua ini. Orang jawa bilang Makuto Dewo ada juga yang bilang Makuto Rojo dan Obat Dewa. Orang Cina menyebutnya Pau, dan dicoba diterjemahkan ke bahasa Inggris dengan nama The Crown of God.

    Dari berbagai sumber.

    BalasHapus
  2. Buah simalakama tidak sama dgn buah mahkota dewa, bentuk buahnya hijau dan daunnya kecil kecil seperti daun pohon asam, rasa buahnya pahit diujung lidah, tapi bila hendak ditelan terasa manis di belakang lidah dekat tenggorokan, makanya disebut buah simalakama, pohonnya masih ada beberapa disekitar area pekuburan sentosa pangkal pinang bangka

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item