Mengapa Lapangan Sepak Bola Memiliki Pola yang Indah?

Mengapa Lapangan Sepak Bola Memiliki Pola yang Indah? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/grid.id
Kalau kita menyaksikan pertandingan sepak bola di televisi, kita melihat pola atau garis-garis di rumput lapangan sepak bola tampak indah dan sangat rapi. Apa yang menjadikan hal itu?

Pola yang terdapat di lapangan sepak bola sebenarnya hanya refleksi cahaya dari rumput lapangan. Arah potongan pisau pada rumput akan menentukan gelap atau terang pada garis/pola yang diciptakan.

Apabila alat pemotong rumput digunakan dengan cara bergerak menjauhi kita, maka rumput akan merefleksikan cahaya lebih terang.

Sebaliknya, apabila alat pemotong rumput digunakan dengan cara bergerak mendekati kita, maka rumput akan merefleksikan cahaya lebih gelap (permukaan reflektif lebih kecil), dan terdapat bayangan di bawah rumput yang menjadikannya terlihat lebih gelap.

Karena itu, memotong rumput dengan alat pemotong rumput secara berlawanan (atas-bawah, kiri-kanan, utara-selatan, dan lainnya) akan membuat warna yang paling kontras.

Sedangkan cara untuk mengintensifkan atau menegaskan garis pada rumput di lapangan adalah dengan semakin menekan (bukan memotong) rumput ke bawah (arah tanah), sehingga refleksinya maksimal. Memotong rumput lebih pendek akan mengurangi refleksi cahaya, sehingga pola yang terbentuk tidak sekontras rumput yang dipotong lebih tinggi.

Intensitas cahaya atau intensitas refleksi juga menetukan tingkat kekontrasan pola lapangan yang terbentuk. Selain itu, ada beberapa jenis rumput yang memang dapat dibentuk dengan mudah, dan lapangan bola biasanya menggunakan jenis rumput semacam itu.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4813229456690378453

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item