Siapa Penemu/Pencipta Walkman?

Siapa Penemu/Pencipta Walkman? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/newyorker.com
Walkman adalah pemutar audio kaset portabel, yang mengubah kebiasaan orang dalam mendengarkan musik, sehingga seseorang dapat mendengarkan musik di mana saja. Dirilis pertama kali di Jepang oleh perusahaan elektronik Sony pada 1 Juli 1979, dengan nama Walkman. Di Amerika, disebut Soundabout. Masyarakat Swedia menyebutnya Freestyle, sedangkan orang Inggris menyebutnya Stowaway.

Orang yang ada di balik penciptaan walkman adalah Nobutoshi Kihara, dan ia pula yang menjadi kreator di balik terciptanya perangkat-perangkat elektronik produksi Sony. Walkman adalah produk paling fenomenal yang diciptakan Nobutoshi Kihara, sehingga ia pun terkenal dengan sebutan “Mr. Walkman.”

Awal mula ide penciptaan Walkman adalah ketika Akio Morita, salah satu pendiri perusahaan Sony, meminta pada Nobutoshi Kihara agar dibuatkan alat yang dapat digunakannya untuk mendengarkan opera meski dalam penerbangan bisnis jarak jauh. Permintaan itu kemudian menghadirkan inovasi baru yang disebut walkman.

Ketika dirilis pertama kali pada 1 Juli 1979, walkman menggunakan kaset dan hanya dijual di Jepang. Tidak lama setelah itu Sony melahirkan Walkman Pressman, yang dilengkapi teknologi baru untuk merekam suara.

Pada tahun 1984, Sony memperkenalkan walkman dengan kualitas suara yang lebih jernih dibanding produk sebelumnya, dan dilengkapi dengan layar LED serta kontrol manual. Seiring dengan itu, di tahun yang sama, Sony juga merilis CD Walkman dengan nama Discman, dan sejak itulah teknologi walkman/discman terus berkembang hingga seperti sekarang.

Nobutoshi Kihara, sang “Mr. Walkman”, meninggal dunia di Tokyo pada 13 Februari 2011, dalam usia 84 tahun, dan kematiannya merupakan kehilangan besar bagi perusahaan Sony. Sepanjang karirnya, Kihara telah membantu Sony mendapatkan lebih dari 700 paten, dan telah menempatkan Sony di tempat pertama perusahaan yang sukses dalam memproduksi berbagai produk elektronik.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 5407046960091199359

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item