Kapan Lensa Kontak Modern Mulai Dibuat?

Kapan Lensa Kontak Modern Mulai Dibuat?
Ilustrasi/popmama.com
Lensa kontak modern—sebagaimana yang kita kenal sekarang—telah dibuat dan diperkenalkan sejak tahun 1948 oleh Kevin Tuohy.

Ide mengenai lensa yang menempel langsung pada bola mata diperkirakan telah dikenal manusia sejak seribu tahun yang lalu, namun baru terdokumentasikan ketika Leonardo Da Vinci membuat catatan dan sketsa mengenainya pada tahun 1508.

Kemudian, pada tahun 1632, Rene Descartes menggagas tentang lensa yang dikenakan pada kornea mata. Untuk gagasannya tersebut, Descartes bahkan membuat hydriascope, gelas yang diisi air untuk menetralkan kekuatan kornea mata.

Dua ratus tahun lamanya ide Da Vinci dan Descartes berhenti tanpa pengembangan, sampai kemudian pada tahun 1801, seorang ahli fisika Inggris, Thomas Young, menciptakan tabung gelas berisi air dan memuat lensa yang sangat kecil, yang merupakan adaptasi dari ide Descartes.

Setelah itu, pada tahun 1827, Sir John Herschel, seorang ahli astronomi Inggris, membuat lensa yang ia gerinda sendiri, sehingga pas dan cocok dipakai langsung pada permukaan mata. Herschel adalah anak ahli astronomi Inggris terkenal William Herschel. Penemuannya itu kemudian menjadi sejarah yang sangat berperan bagi perkembangan lensa kontak di berbagai negara.

Di Prancis, sejak tahun 1888, lensa kontak digunakan sebagai alat kesehatan yang hanya dipakai oleh sedikit orang. Pada tahun 1936, William Feinbloom, seorang optometris asal New York, Amerika Serikat, memperkenalkan lensa kontak ke masyarakat umum, namun waktu itu lensa kontak terbuat dari kaca dan menutupi seluruh bagian depan mata.

Dua tahun kemudian, pada 1938, lensa kontak plastik ditemukan, dan satu dekade setelah itu bentuk serta modelnya disempurnakan. Pada tahun 1948, Kevin Tuohy memperkenalkan lensa kontak yang hanya menutupi kornea dan dapat dipakai hingga 16 jam per hari. Sementara lensa kontak bifokus (fokus ganda) pertama kali muncul ke publik pada tahun 1982.

Lensa kontak adalah lensa korektif, kosmetik, atau terapi, yang biasanya ditempatkan di kornea mata. Lensa kontak biasanya memiliki fungsi yang sama dengan kacamata konvensional atau kacamata biasa, tetapi lebih ringan dan bentuknya tidak tampak ketika dipakai.

Di masa sekarang, lensa kontak kadang-kadang sengaja dibuat warna lain untuk mengubah penampilan mata pemakainya. Diperkirakan ada 250 juta orang di dunia saat ini yang menggunakan lensa kontak, termasuk 40-60 juta di Amerika Serikat, dan 20 juta di Jepang.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3856315913319709812

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item