Kapan Lahirnya PayPal?

Kapan Lahirnya PayPal?
Ilustrasi/pymnts.com
Paypal lahir pada tahun 2000, dan merupakan salah satu sarana pembayaran online (payment procesors) yang saat ini paling banyak digunakan di internet.

PayPal Corporation merupakan perusahaan gabungan antara Confinity dengan X.com yang dilakukan pada tahun 2000. Confinity didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin pada Desember 1998 dengan tujuan awal sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi, sedangkan X.com didirikan oleh Elon Musk pada Maret 1999 sebagai penyedia jasa perencanaan keuangan. Kantor pusat kedua perusahaan tersebut semula berada di University Avenue, Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Karena potensi yang dimilikinya, eBay kemudian mengakuisisi PayPal pada tahun 2002, dengan nilai 1,5 miliar dollar AS, dan sejak itu PayPal semakin populer digunakan sebagai perantara pembayaran lelang online di eBay.

Sebelumnya, pada Mei 1999, eBay telah mengakuisisi Billpoint dan menjadikannya sebagai perantara yang diakui oleh eBay. Namun kemudian eBay menghapus layanan pembayaran melalui Billpoint, dan meningkatkan potensi PayPal sebagai sarana pembayaran. 

Sejak itu para pesaing utama PayPal jatuh satu per satu, seperti Citibank C2IT yang ditutup pada akhir 2003, Yahoo! PayDirect yang tutup pada akhir 2004, dan layanan BidPay milik Western Union yang ditutup pada 2005.

Pada tahun 2006, total transaksi yang dilakukan melalui PayPal mencapai 8 miliar dollar AS, dan terus meningkat 41 persen dari tahun ke tahun. Pada tahun itu pula, PayPal sudah mampu menerima transaksi di 103 negara, dengan 16 mata uang. PayPal telah merevolusi cara orang dalam membayar atau mengirim uang, yang sebelumnya menggunakan kertas—wesel atau cek—dan membutuhkan proses yang panjang.

Sekarang, kantor utama perusahaan tersebut terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.

Hmm… ada yang mau menambahkan? 

Related

Sejarah 8113638835155799334

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item