Kapan Lahirnya Blogger?

Kapan Lahirnya Blogger?
Ilustrasi/bibli.com
Semula, Blogger adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang dibuat oleh Pyra Labs pada 23 Agustus 1999, dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut. Sampai kemudian, karena kepopulerannya, Google mengakuisisi Blogger pada Februari 2003. 

Semenjak diakuisisi oleh Google, beberapa fitur premium Blogger yang semula dikomersialkan oleh Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis.

Satu tahun kemudian, Google menambahkan layanan “Picasa”, sebuah aplikasi untuk mengorganisisasi dan mengedit foto digital, ke dalam layanan Blogger, sehingga penggunanya dapat memposting foto-foto mereka ke dalam blog yang dibuatnya. Seiring dengan itu, tampilan Blogger juga diperbaiki dan dilengkapi, sehingga semakin leluasa digunakan.

Kemudian, pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan rilis terbaru dalam versi beta, yang menandai berpindahnya pengguna Blogger ke server Google. Akhirnya, pada Desember 2006, Blogger benar-benar berpindah ke server Google, dengan tujuan layanan tersebut lebih stabil karena kualitas server Google yang lebih baik.

Blogger tidak hanya menjadikan aktivitas blogging menjadi lebih mudah, tetapi juga mengubah persepsi orang sebelumnya tentang internet. Jika sebelumnya orang harus menguasai berbagai pengetahuan yang rumit untuk dapat mempublikasikan sesuatu di internet, Blogger mempermudah proses itu. Pada saat ini, aktivitas blogging—yang salah satunya menggunakan Blogger—telah menjadi gaya hidup sebagian orang di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 4732953711064382674

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item