Kapan Kejuaraan F1 Dilaksanakan Pertama kali?

Kapan Kejuaraan F1 Dilaksanakan Pertama kali? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/bonepos.com
Kejuaraan dunia Grand Prix Formula 1 pertama kalinya resmi digelar di Silverstone, Inggris, pada 13 Mei 1950.

Formula 1, atau yang biasa disingkat F1, memiliki nama lengkap The FIA Formula One World Championship. Merupakan kelas balapan mobil formula tempat duduk tunggal tertinggi, yang terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix.

Balapan diselenggarakan di dalam sirkuit atau jalan umum dalam kota yang ditutup untuk umum. Hasilnya menentukan dua gelar juara dunia, satu untuk pembalap dan satu lagi untuk konstruktor. Pada balapan, mobil dapat mencapai kecepatan 300 kilometer per jam (185 mph) yang dihasilkan oleh mesin yang dapat mencapai tenaga sebesar 900 daya kuda pada putaran mesin sekitar 18.000 rpm.

Kejuaraan dunia pertama itu dimenangkan oleh Giuseppe Farina dengan mobil Alfa Romeo. Keponakan desainer otomotif Italia Pininfarina itu berhasil mengalahkan rekan satu timnya yang berasal dari Argentina, Juan Manuel Fangio.

Eropa merupakan pusat tradisi Formula 1, dan tetap menjadi pusatnya hingga sekarang. Pada masa kini, Grand Prix telah diadakan di berbagai penjuru dunia, dengan seri balapan baru di Bahrain, RRC, Malaysia, dan Turki. Formula 1 adalah balap mobil termahal, baik dalam segi produksi maupun olahraganya.

Aturan main Formula 1 diatur oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA), yang bermarkas di Place de la Concorde, Paris, dan secara umum disponsori dan diatur oleh pemegang hak komersial resmi Bernie Ecclestone melalui berbagai perusahaan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 4949897973235720534

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item