Kapan Hoax Pertama kali Muncul di Internet?

Kapan Hoax Pertama kali Muncul di Internet? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Hoax di internet pertama kali muncul pada 1 April 1984, dengan kabar bahwa bekas negara Uni Soviet akan bergabung dalam jaringan Usenet di AS. Berita bohong itu menyebar di banyak website, juga di forum-forum internet.

Ajaibnya, sejak itu sering kali muncul hoax (berita palsu) di internet setiap tanggal 1 April—sehingga banyak kalangan yang kemudian menyimpulkan bahwa hoax adalah bagian dari “April Mop”.

Secara definitif, hoax adalah pemberitaan palsu atau usaha untuk menipu, atau mengakali pembaca/pendengarnya, untuk mempercayai sesuatu yang biasanya digunakan dalam forum-forum internet. Istilah “hoax” muncul pertama kali di kalangan pengguna internet di Amerika, dan kata tersebut didasarkan pada sebuah judul film, “The Hoax”.

“The Hoax” adalah film drama Amerika yang disutradarai oleh Lasse Hallström. Film itu didasarkan pada buku biografi Clifford Irving, yang ditulis oleh Irving sendiri bersama Howard Hughes. Ketika difilmkan, skenario film itu ditulis oleh William Wheeler, dan Howard Hughes diminta sebagai penasihat teknis film.

Namun, kemudian Hughes kecewa ketika membaca skenario film tersebut, karena menurutnya banyak kejadian yang diuraikan Irving di dalam buku diubah atau dihilangkan sama sekali di dalam skenario film. Selain itu, alur kisahnya pun melenceng dari yang ada di buku. Karena kekecewaan itu pula, Hughes meminta agar namanya dihapus dari credit tittle film.

Sejak itu, film “The Hoax” dianggap sebagai film yang mengandung banyak kebohongan, sehingga kemudian banyak kalangan (termasuk di internet) yang menggunakan istilah “hoax” untuk menggambarkan suatu kebohongan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 4218425418362037910

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item