Kapan Berdirinya Google?

Kapan Berdirinya Google?
Ilustrasi/istimewa
Pada Januari 1996, Sergey Brin dan Larry Page yang masih mahasiswa di Universitas Stanford, berkolaborasi menciptakan BackRub, sebuah mesin yang menganalisa cara dan fungsi back links sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pencarian di internet.

Pada awal 1998, mereka membuat sebuah pusat data di kamar asrama Larry, dan mulai mematangkan konsep BackRub, yang lalu diubah namanya menjadi Google.

Setelah menyempurnakan konsep Google, keduanya mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi ciptaan mereka. Orang pertama yang tertarik untuk berinvestasi adalah seorang teman sekampus, Andy Bechtolsheim, yang kemudian mendirikan Sun Microsystems. Pembicaraan mengenai investasi itu dilakukan di sebuah pagi buta, di serambi asrama mahasiswa fakultas Stanford, di Palo Alto.

Andy Bechtolsheim memberikan cek senilai 100 ribu dollar AS kepada Sergey Brin dan Larry Page, yang ditujukan untuk perusahaan bernama Google. Yang jadi masalah kemudian, mereka berdua tidak bisa mencairkan cek tersebut, karena waktu itu perusahaan Google belum didirikan.

Akhirnya, didorong keinginan untuk dapat mencairkan cek tersebut, Brin dan Page pun kembali berusaha mengumpulkan investasi dari kalangan keluarga, teman, dan sejawat, hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1 juta dollar, dan mendirikan perusahaan Google secara resmi pada 7 September 1998 di sebuah garasi rumah di Menlo Park, California.

Semula, mesin pencari yang mereka ciptakan itu menggunakan website Universitas Stanford, dengan domain google.stanford.edu. Domain google.com diregistrasikan pada 5 September 1997, dua hari sebelum perusahaan itu berdiri dengan nama Google Inc. Kemudian, pada September 1998, Google diluncurkan dan menjadi aplikasi web 2.0 pertama yang sukses di dunia maya.

Sekarang, Google Inc. adalah sebuah perusahaan publik Amerika Serikat yang berpredikat nomor 1 dalam top 100 perusahaan yang paling diminati di Amerika. Perusahaan yang berperan dalam pencarian data internet dan iklan online ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.000-an orang.

Kata “Google” yang dipilih Brin dan Page untuk menamai ciptaan mereka berasal dari kata “Googlo”. Kata itu diciptakan oleh Milton Sirotta, yang membuat istilah Googlo untuk menyebut angka 1 (satu) yang diikuti seratus angka 0 (nol).

Begitu populernya kata “Google” di masa sekarang, sampai Oxford English Dictionary memutuskan untuk memasukkan kata “google” sebagai kata kerja yang artinya “melakukan pencarian di web”. Sementara Merriam Webster Collegiate Dictionary mengartikan “google” sebagai “menggunakan mesin pencari Google untuk memperoleh informasi di internet.”

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 8088603032712253960

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item