Apa Instant Messenger Pertama?

Apa Instant Messenger Pertama?
Ilustrasi/uptodown.com
Instant messenger atau sarana chatting yang diakui sebagai program instant messenger pertama adalah ICQ yang dikeluarkan perusahaan Israel, Mirabilis, pada November 1996. ICQ adalah hasil karya Yair Goldfinger, Arik Vardi, Sefi Vigiser, dan Amnon Amir, yang dirilis pada November 1996. Nama ICQ adalah homofon dari frasa dalam bahasa Inggris, “I seek you”.

Pembuatan sarana chatting ICQ dilatarbelakangi kenyataan banyak orang yang online menggunakan internet melalui sistem operasi non-UNIX, dan pada saat itu tidak ada perangkat lunak yang mampu untuk menghubungkan mereka satu sama lain. Ketika ICQ diciptakan, para pengguna internet pun dapat berinteraksi secara mudah sekaligus praktis.

Pada tanggal 8 Juni 1998, hak paten ICQ dibeli oleh perusahaan America Online (AOL), dengan nilai 407 juta dollar AS. Pada waktu itu, harga tersebut merupakan harga tertinggi yang pernah dikeluarkan untuk membeli perusahaan teknologi yang berasal dari Israel. 

Dengan berpindahnya kepemilikan ICQ, manajemen ICQ pun berubah pada akhir 2003. Di bawah kepemimpinan Orey Gilliam, ICQ menjadi perusahaan yang menguntungkan, selain menjadi salah satu bisnis paling sukses yang dimiliki AOL.

Namun, AOL kemudian terpaksa menjual hak cipta ICQ pada April 2010 kepada Digital Sky Technologies (Rusia) dengan nilai 187,5 juta dollar AS. Pada waktu itu, Yahoo! Messenger yang muncul pada 1998 menjadi saingan berat ICQ, dan perlahan-lahan pengguna ICQ pindah ke Yahoo! Messenger. Digital Sky Technologies membeli perangkat lunak itu karena hampir 25 persen pengguna ICQ berasal dari Rusia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Iptek 1386640303093380019

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item