Kapan Piala Dunia Pertama Dilaksanakan?

Kapan Piala Dunia Pertama Dilaksanakan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/suara.com
Perebutan Piala Dunia sepak bola pertama diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Football Association (FIFA), pada 13 Juli 1930. Semula, namanya bukan Piala Dunia, melainkan Piala Jules Rimet. Rimet adalah orang yang mencetuskan gagasan turnamen tersebut.

Uruguay menjadi negara pertama yang memenangkan piala turnamen itu, setelah mengalahkan Argentina di babak final dengan hasil 4–2. Gol pertama Piala Dunia diciptakan oleh Lucien Laurent, sedangkan hat-trick pertama diciptakan pemain Amerika Serikat, Bert Patenaude, saat melawan Paraguay. Sedang tiga stadion di ibu kota Uruguay, Montevideo, menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia pertama.

Piala Dunia pertama tersebut merupakan satu-satunya acara Piala Dunia yang tanpa melalui babak kualifikasi, dan keikutsertaan tim hanya melalui undangan. Pada waktu itu, sangat sedikit tim dari Eropa yang mengikuti turnamen tersebut, karena sulitnya transportasi menyeberangi Samudera Atlantik.

Bahkan, dua bulan sebelum kompetisi dimulai, tidak ada satu negara pun di Eropa yang mau turut serta. Hanya berkat campur tangan Jules Rimet—Presiden FIFA waktu itu—empat tim dari Eropa akhirnya bergabung, yaitu Belgia, Prancis, Rumania, dan Yugoslavia.

Piala Dunia sepak bola, atau sering disingkat Piala Dunia saja, adalah kompetisi terpenting dalam dunia sepak bola internasional. Diselenggarakan empat tahun sekali, dan lebih dari 160 tim nasional bertarung dalam turnamen kualifikasi regional untuk meraih tempat dalam babak final.

Piala yang asli sekarang menjadi milik Brazil, karena negara itulah yang berhasil memenangkannya tiga kali (pada tahun 1958, 1962, dan 1970). Piala yang diperebutkan setelah tahun 1970 adalah piala yang baru.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 2288596454407180535

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item