Kapan Lahirnya Petualangan Tintin?

Kapan Lahirnya Petualangan Tintin? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Petualangan Tintin (Les Aventures de Tintin et Milou), serial komik yang diciptakan Hergé, seorang komikus Belgia, lahir pada 10 Januari 1929. Serial itu pertama kali muncul dalam bahasa Prancis, sebagai lampiran bagian anak-anak koran Belgia, Le Vingtième Siècle.

Petualangan Tintin menampilkan beberapa pemain yang saling melengkapi satu sama lain. Dari tahun ke tahun, serial tersebut menjadi bacaan favorit dan bahan diskusi para kritikus selama lebih dari 70 tahun.

Serial komik Tintin sangat digemari karena gaya gambarnya yang bersih tetapi ekspresif, dan didasarkan pada riset mendalam pengarangnya, yang mencakup petualangan dengan elemen fantasi, misteri, politik, dan sains fiksi. Kisah Tintin juga selalu menampilkan humor slapstik yang mengomentari isu politik dan budaya pada suatu negara atau suatu masa.

Ketika era komik berwarna mulai muncul, Hergé pun menambahkan warna pada karyanya, dan hal itu menjadikan cerita Petualangan Tintin semakin baik dan memikat. Penggunaan warna yang digunakan dalam serial Petualangan Tintin bahkan jauh lebih maju daripada komik-komik Amerika pada masa itu.

Hergé mewarnai komiknya dengan teknik yang disebut four printing sides dan suatu pendekatan secara sinematografi atas tata cahaya yang ada. Teknik ini menjadikan warna-warni dalam komik Tintin tidak hanya sekadar tempelan, tetapi menjadikannya tampak hidup.

Karena keberhasilannya, serial komik itu pun dikumpulkan menjadi satu album petualangan, dan telah diadaptasi ke dalam bentuk film dan teater. Petualangan Tintin adalah salah satu komik Eropa yang sangat terkenal pada abad ke-20. Telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 50 bahasa, dan lebih dari 200 juta bukunya telah beredar di pasaran.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3307557113556174187

Posting Komentar

  1. tapi sampe sekarang aku belum pernah bisa baca ato nonton Tintin T.T

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item