Kapan Bank Mata Pertama Berdiri?

Kapan Bank Mata Pertama Berdiri? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Bank mata pertama di dunia didirikan oleh Townley Paton, seorang dokter mata, pada 8 Mei 1944, di di New York, Amerika.

Sejak tahun 1905, para dokter mata berhasil menemukan bahwa kebutaan kornea bisa disembuhkan dengan cara mengangkat kornea (selaput tipis yang menutupi mata) yang rusak dan menggantikannya dengan kornea lain yang sehat. Tetapi, transplantasi tersebut jarang dilakukan karena tidak tersedianya donor mata.

Berdasarkan kenyataan itu, Townley Paton kemudian mendirikan bank mata, yang bertujuan untuk mengumpulkan donor mata, memprosesnya, dan mendistribusikannya kepada para dokter bedah. Orang-orang yang bersedia menyumbangkan kornea matanya bisa mendaftar ke bank mata tersebut. Kelak, ketika si donatur meninggal dunia, bank mata akan melakukan operasi pengangkatan mata terhadap donatur tersebut.

Di Indonesia, pencangkokan atau penggantian kornea mata dipelopori oleh Prof. Dr. Isak Salim, dengan kornea sumbangan dari Bank Mata Internasional Srilanka. Praktik tersebut dilakukan pada pertengahan tahun 1967, dan peristiwa itu merupakan riwayat dimulainya kegiatan transplantasi kornea di Indonesia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 2105527122682468922

Posting Komentar

  1. Geehh...baru tau kalo ada yang namanya bank mata (-_-')

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item