Apa yang Dimaksud “Tirai Besi”?

Apa yang Dimaksud “Tirai Besi”? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/rbth.com
Pada 5 Agustus 1946, Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris, memperkenalkan istilah “Tirai Besi” untuk menyebut ketertutupan yang dipaksakan oleh Uni Soviet pada pemerintah-pemerintah di Eropa Timur. Sejak itu, istilah Tirai Besi pun populer digunakan di seluruh dunia.

Pada masa Perang Dunia II, Amerika dan Uni Soviet merupakan sekutu dalam berperang melawan ekspansi Jerman di bawah Adolf Hitler dan Nazi-nya. Namun, tidak lama setelah Perang Dunia II usai, Amerika dan Soviet terlibat persaingan dan konflik kepentingan.

Pada 5 Agustus 1946, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill memperingatkan Harry S. Truman, Presiden AS, bahwa Uni Soviet dan sekutunya telah membangun “tirai besi” di sepanjang perbatasan Eropa Barat dengan Eropa Timur sebagai jaminan kontrol Moskwa atas teritorial di belakang “tirai” tersebut.

Di sisi lain, Uni Soviet juga mencurigai perilaku AS yang makin tampak ingin menggantikan posisi Inggris sebagai kekuatan kapitalis internasional.

Konsep Tirai Besi melambangkan batas-batas ideologi dan fisik yang membagi Eropa ke dalam dua wilayah terpisah, sejak akhir Perang Dunia II pada 1945 hingga akhir Perang Dingin pada 1991. Di tiap sisi Tirai Besi, negara-negara membangun sekutu-sekutu militer dan ekonomi internasionalnya masing-masing—Uni Soviet di timur, dan Amerika Serikat di utara.

Tirai Besi mengambil bentuk pertahanan perbatasan antara negara-negara Eropa Barat dan Eropa Timur, terutama Tembok Berlin, yang berperan sebagai lambang panjang Tirai secara keseluruhan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 2775775350177155695

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item