Apa yang Dimaksud Pengadilan Nuremberg?

Apa yang Dimaksud Pengadilan Nuremberg? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/ushmm.org
Pengadilan Nuremberg atau Proses Nürnberg adalah pengadilan penjahat perang pertama di dunia. Pengadilan itu diadakan untuk menyidang kasus-kasus yang berkaitan dengan para anggota utama kelompok pemimpin politik, militer, dan ekonomi Nazi Jerman. Rangkaian persidangan itu dilakukan di kota Nürnberg, Jerman, di Gedung Pengadilan Nürnberg (Nuremberg Palace of Justice).

Pengadilan yang berlangsung sejak 20 November 1945 sampai 1 Oktober 1946 itu mengadili 24 orang paling penting dalam tubuh organisasi Nazi, dengan 216 kali persidangan. Tuduhan terhadap para terdakwa adalah kejahatan perang, kejahatan melawan perdamaian, dan kejahatan melawan kemanusiaan.

Pengadilan yang dipimpin oleh Lord Lawrence dari Inggris itu menjatuhkan hukuman mati terhadap 12 petinggi Nazi, dan hukuman penjara sepuluh tahun hingga seumur hidup untuk 7 orang lainnya. Satu orang bunuh diri semasa di tahanan, satu orang lain dinyatakan mengalami gangguan mental sehingga tak bisa diadili, sedangkan lainnya divonis bebas.

Keputusan hukuman mati dilaksanakan pada 16 Oktober 1946, dengan cara digantung di tiang gantungan dengan menggunakan cara yang standar. Sementara para terdakwa yang dijatuhi hukuman penjara dikirim ke Penjara Spandau (Spandau Prison) pada tahun 1947.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3437538920309187028

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item