Siapakah Peter Karadjordjevic?

Siapakah Peter Karadjordjevic? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/theculturetrip.com
Peter Karadjordjevic, atau yang lebih terkenal dengan sebutan Peter I, adalah raja Serbia. Ia lahir pada 11 Juli 1844, dan menyelesaikan sekolah menengahnya di Beograd, kemudian melanjutkan ke sebuah institut di Jenewa, Swiss, dan setelah itu memasuki akademi militer di Prancis. Pada waktu itu ia masih seorang pengeran.

Selama berada di Paris, Peter aktif menambah pengetahuannya di bidang politik dan militer, dan hal itu memperluas wawasannya atas liberalisme, parlementarisme, serta demokrasi. Pada tahun 1868, pada usia 24 tahun, ia telah menerbitkan hasil terjemahannya atas esai karya John Stuart Mill, berjudul “Freedom”, dan esai itu kemudian menjadi program politiknya.

Ketika Peter bermaksud pulang ke negerinya, bertepatan dengan terjadinya konflik politik di Serbia, yang kemudian menjadikan Dinasti Obrenovic berkuasa di negara tersebut. Penguasa baru itu melarang Pangeran Peter pulang ke Serbia, dan menyita seluruh harta benda miliknya yang ada di sana.

Atas kudeta tersebut, Peter lalu melakukan berbagai aksi politik untuk meraih kembali haknya sebagai penguasa yang sah. Perjuangan itu membutuhkan waktu hingga 45 tahun. Pada tahun 1903, Raja Obrenovic dibunuh, dan militer Serbia pun memproklamasikan Peter Karadjordjevic sebagai Raja Serbia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 9543011822485557

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item