Siapa sih Leonid Brezhnev?

Siapa sih Leonid Brezhnev? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/jewishbusinessnews.com
Leonid Ilyich Brezhnev (19 Desember 1906–10 November 1982) adalah Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet kedua, yang mulai menjabat tahun 1964 hingga kematiannya pada tahun 1982. Masa jabatannya yang selama 18 tahun tersebut menjadikannya sebagai sekretaris jenderal kedua yang paling lama memimpin Uni Soviet setelah Joseph Stalin.

Leonid Brezhnev naik menjadi pemimpin pemerintahan dan Partai Komunis tertinggi Uni Soviet menggantikan Nikita Kruschev yang turun tahta. Sebagai pemimpin, ia menciptakan konsep yang disebut “Doktrin Brezhnev”, dan melalui konsep tersebut ia membuka jalur hubungan diplomatik dengan negara-negara non-komunis.

Pada tahun 1970-an, dengan kebijaksanaan baru, ia juga berusaha menurunkan ketegangan dengan pihak Barat, terutama Amerika.

Pada masa kepemimpinan Brezhnev, pengaruh global Uni Soviet melonjak tajam, terutama akibat adanya ekspansi militer Soviet kala itu. Tetapi, kedudukannya sebagai pemimpin sering kali dikritik sebagai awal periode stagnasi ekonomi karena pemerintahannya terkesan mengabaikan berbagai masalah ekonomi pelik di negara tersebut, yang akhirnya memicu bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991.

Brezhnev juga pernah dua kali menjabat sebagai Ketua Presidium Majelis Agung Uni Soviet, masing-masing pada tahun 1960-1964 dan 1977-1982. Periode jabatan yang kedua diembannya bersamaan dengan jabatan sebagai sekretaris jenderal.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 8259677631558333682

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item